Dua Desa di Padang Lawas Direncanakan Pilkades Ulang Untuk Menentukan Pemenang

Padang Lawas, wartapolri.com – Dari 104 desa yang menggelar Pilkades serentak Tahun 2022 di Kabupaten Padang Lawas yang dilaksanakan pada hari Selasa, 12 Juli 2022 kemarin, terdapat dua desa dengan hasil perolehan suara berimbang atau jumlah suaranya sama sehingga harus dilakukan Pilkades ulang untuk menentukan Kades terpilih.

Adapun desa yang hasil perolehan suaranya sama dalam pertarungan calon kepala desa yaitu Desa Balangka Kecamatan Sihapas Barumun dan Desa Sibodak Sosa Jae Kecamatan Hutaraja Tinggi, jumlah suaranya sama, kata Plt. Kadis PMD Kabupaten Padang Lawas, Muhammad Faisal Amrin Siregar, SAP. MM, Kamis (14/7/2022) di ruang kerjanya

Dua calon kepala desa memperoleh suara sah tertinggi dengan jumlah suara sama. Untuk Desa Balangka Kecamatan Sihapas Barumun atas nama Parma dan Mara Baik,0 dengan total perolehan suara masing – masing 50 suara sah.

Sementara di Desa Sibodak Sosa Jae Kecamatan Hutaraja Tinggi atas nama Abdul Karim Daulay dan Syafarudin Taufik Lubis memperoleh suara sah tertinggi sama – sama memperoleh suara sebanyak 247 suara sah.

Lanjut Plt. Kadis PMD Padang Lawas, M. Faisal Amrin Siregar, SAP mengatakan kepada awak media, Dasar Pelaksanaan Pilkades Ulang di dua desa tersebut sesuai dengan Peraturan Bupati Nomor 17 Tahun 2021 tentang ” Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa” Pasal 46 ayat 4.

“Pada pasal 46 ayat 4 Peraturan Bupati Padang Lawas Tahun 2021 menerangkan, jumlah calon kepala desa terpilih yang memperoleh suara terbanyak yang sama lebih dari satu calon akan tetapi desa tersebut tidak memiliki pembagian wilayah tempat tinggal atau dusun (anak desa-red),” terangnya.

Pilkades sesuai Perbup Nomor 170 Tahun 2021 dapat dilaksanakan paling banyak dua kali.

Maka Panitia Pilkades akan mengadakan Pimolihan Ulang sebagai mana dimaksud dalam Pasal 4 selambat – lambatnya dilaksanskan 30 hari sejak fitanda tangani berita acara pemilihan.

Faisal Amrin berharap, melalui Pilkades serentak ini melahirkan pemimpin yang berkualitas dalam memimpin Desa demi mendorong kemajuan dan kesejahteraan warga masyarakat.

“Atas nama PMD Padang Lawas, kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang turut mensukseskan Pilkades serentak di 104 Desa se Kabupaten Padang Lawas,” tutur Faisal.

Penulis : YW. Manalu

Mungkin Anda Menyukai