Rakor Optimalisasi Penyerapan Pajak Daerah Khusus PBB Kecamatan Silima PP

Dairi, WARTAPOLRI.COM – Dalam rangka optimalisasi penyerapan pajak daerah khusus PBB (Pajak Bumi dan Bangunan), Kecamatan Silima PP menggelar Rapat Koordinasi (Rakor ) bersama seluruh Kepala Desa se Kecamatan Silima PP, 13.juli.2022.

Rakor dibuka secara resmi oleh Camat Silima PP, Horas P. Pardede S.E, M.M. Kemudian ada penyampaian materi oleh Sekretaris Camat Silima PP Drs Rudi Sitorus terkait tugas dan kewajiban para Kepala Desa. Kepada Kepala Desa disampaikan bagaimana optimalisasi tugas tugas dilapangan, seperti penyampaian SPPT ( Surat Penyampaian Pajak Terutang ) dan sebagainya.

Rapat ini merupakan rapat rutin yang diadakan sebulan sekali. Diharapkan dengan adanya rapat koordinasi ini pengelolaan PBB kedepannya lebih baik lagi. Sehingga menghasilkan penerimaan PBB yang optimal dan mencapai target.

Camat Silima PP Horas P. Pardede S.E, M.M mengingatkan pentingnya membangun sinergitas antara pihak desa dengan kecamatan dalam peningkatan Pendapatan Asli Daerah.
“Dalam optimalisasi pajak daerah kita harus bersinergi. Sehingga apa yang kita rencanakan dalam peningkatan pendapatan tercapai. Seyogyanya batas akhir penerimaan 1 Oktober 2022, namun lebih cepat lebih baik.” Kata Horas Pardede.

Dalam Rakor tersebut juga dibicarakan rencana pelaksanaan kegiatan Pentas Seni PAUD, dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan 17.Agustus.1945. Pentas Seni PAUD ini akan dilaksanakan pada tanggal 14.Agustus.2022, dimana seluruh Anak didik PAUD yang ada di Kecamatan Silima PP ikut dan ambil bagian dalam kegiatan ini.

“Ada 8 lomba yang akan dilaksanakan dalam Pentas Seni PAUD nanti. Diantaranya lomba cerita tentang Kabupaten Dairi dan lomba lainnya. Dan seluruh anak didik PAUD yang ada di Kecamatan Silima PP akan terlibat dan mengikuti lomba lomba yang akan diadakan nanti.” ujar Horas Pardede, sambil menerangkan kalau Pentas Seni PAUD ini juga sekaligus sosialisasi Program 1 PAUD per Desa.

“Tahun ini kita akan mendirikan atau menambah 4 PAUD. Yaitu di Desa Lae Ambat, Desa Sirata, Desa Uruk Belin dan Desa Palipi.” Ujar Horas Pardede menambahi.

Pada sesi diskusi banyak pertanyaan dan saran yang disampaikan peserta. Dan saran yang disampaikan bertujuan untuk optimalisasi pajak daerah khusus PBB, berikut juga pada suksesnya rencana kegiatan Pentas Seni PAUD, yang akan diadakan pada tanggal 14.Agustus.2022.

Seluruh rangkaian kegiatan berjalan lancar. Peserta aktif mengikuti materi rapat, terbukti seluruh kursi yang disediakan terisi penuh sejak awal hingga akhir kegiatan.

Penulis : Mula Pangaribuan.

Mungkin Anda Menyukai