Melalui Aplikasi PERKEBBAS, pengurusan Adminduk masyarakat sangat dimudahkan

Dairi, WARTAPOLRI.COM – Melalui kehadiran Aplikasi PERKEBBAS Pemdes Huta Rakyat, Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi, dapat membantu masyarakat nya dalam pengurusan dokumen adminduk. Masyarakat cukup mendatangi Kantor Desa, segala Dokumen Adminduk dapat diselesaikan tanpa harus repot ke Kantor Dinas Catatan Sipil.

Adapun layanan yang diberikan dalam aplikasi PERKEBBAS seperti pengurusan Kartu Keluarga (KK), pengajuan penerbitan KTP baru karena rusak maupun hilang, penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA), pengajuan Akta kelahiran, Akta Kematian, Akta Perkawinan baik baru, pembetulan maupun hilang dan pengurusan Surat Keterangan Pindah Warga Negara Indonesia (SKPWNI) baik dari Dairi ke Kabupaten/Kota lain maupun sebaliknya.

“Melalui Aplikasi PERKEBBAS sejak Mei hingga Juli sudah 293 dokumen Adminduk masyarakat yang telah kami selesaikan.” ujar Erwin Manalu Sekdes Desa Huta Rakyat. Saat ini Pemdes Huta Rakyat sedang mengejar target kelengkapan Dokumen Adminduk masyarakat Desa Huta Rakyat, karena diketahui masih banyak masyarakat Desa Huta Rakyat yang Dokumen Adminduk nya belum lengkap.

“Jadi seperti yang sudah dilakukan Pemerintah Kabupaten Dairi melalui Dinas Catpil yang jemput bola dengan turun ke desa desa, kami Pemdes Huta Rakyat juga melakukan hal yang sama. Setiap hari Selasa mengadakan monitoring kelengkapan Adminduk penduduk dengan melakukan blusukan ke dusun dusun.” kata Erwin sambil menjelaskan kalau Posyandu sering menjadi sasaran blusukan. Karena diketahui kalau masih banyak anak anak balita yang belum dimasukkan identitasnya ke dalam Kartu Keluarga.

Desa Huta Rakyat merupakan Desa terpadat penduduknya di Kabupaten Dairi dengan jumlah penduduk 7962 orang dari 1992 Kepala Keluarga. Jumlah penduduk Desa Huta Rakyat bahkan melebihi jumlah penduduk Kecamatan Silahi Sabungan. “Dengan slogan ‘Bersama Desa Huta Rakyat lengkap Adminduk’ kelengkapan Adminduk penduduk Desa Huta Rakyat akan kita kejar.” ujar Erwin

Ewin menerangkan bahwa sosialisasi kepada masyarakat akan terus dilakukan.
Sehingga masyarakat tau kalau pengurusan atau pengajuan Dokumen Adminduk saat ini sangatlah mudah. Masyarakat hanya cukup mendatangi Kantor Desa saja dengan membawa kelengkapan berkas berkas yang diperlukan. Selebihnya Pemerintah Desa yang akan bekerja menyelesaikannya melalui Aplikasi PERKEBBAS. Dan Pemdes juga siap memberikan informasi informasi yang diperlukan masyarakat untuk melengkapi berkas berkas yang akan diurus atau diajukan, dan tidak dipungut bayaran sama sekali.

Penulis : MULA PANGARIBUAN.

Mungkin Anda Menyukai