Plt. Bupati Padang Lawas Lantik 104 Kepala Desa Masa Jabatan 2022 – 2028 Secara Serentak

Padang lawas, wartapolri.com – Plt. Bupati Padang Lawas, drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, CHt. MM. M.Si melantik 104 Kepala Desa terpilih pada Pilkades serentak, Rabu (12/7/2022) lalu untuk Masa Jabatan 2022 – 2028, meliputi dari 105 Desa yang ikut Pilkades dari 303 Desa dan 17 Kecamatan Sepadang Lawas di lapangan Kantor SKPD Terpadu Sigala-gala, Kecamatan Barumun, Kamis (28/7/2022).

Pelantikan Kepala Desa ini, ditandai dengan menanda tangan Berita Acara Pelantikan, penyerahan SK Jabatan Kepala Desa dan Pengambilan Sumpah Jabatan serta diakhiri doa dan bersalaman.

Plt. Bupati drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, CHt. MM. M.Si dalam sambutan menyampaikan selamat kepada para Kepala Desa yang dilantik, dengan harapan semoga para Kepala Desa yang dilantik hari ini menjadi langkah awal dalam mengabdikan diri bagi Bangsa dan Negar, khususnya bagi masyarakat desa di Kabupaten Padang Lawas,o sebagai Aparat Pemerintah yang langsung berhadapan kepada masyarakat.

Lanjut Plt. Bupati AZP, salah satu tugas pokok Kepala Desa adalah memberikan pelayanan kepada masyarakat.
Kepala Desa sudah selayaknya bersikao adil terhadap semua orang tanpa memandang siapa dan apa kedudukan orang tersebut. Jangan memandang apakah pendukung saudara atau bukan terpilihnya saudara sebagai Kades, juga memberikan pelayanan yang mereka terima akan lebih efektif serta efisien dari Kades sebelumnya.

“Berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Pasal 26, Kepala Desa bertugas menyelenggarakan Pemerintahan Desa, melaksanakan pembangunan Desa, pembinaan kemasyarakatan Desa dan pemberdayaan masyarakat Desa,” ungkap Plt. Bupati AZP.

Plt. Bupati Padang Lawas berterima kasih atas upaya dan pengorbanan BPD, Panitia Pilkades serta masyarakat Padang Lawas yang terlibat pada penyelenggaraan Pilkades serentak tahun 2022.

“Karena tanpa peran serta saudara – saudara semua, Pemilihan Kepala Desa tidak mungkin terlaksana dengan damai. Semoga segala upaya yang telah saudara – saudara dharma baktikan menjadi amal ibadah di sisi Allah SWT,” kata Zarnawi.

Untuk itu, saya berharap, dalam menjalankan visi misi nanti, para Kepala Desa membuat ruang informasi terbuka kepada masyarakat

“Pengunaan dana desa hendaknya dirembuk dalam musyawarah desa dan aspirasi masyarakat harus ditampung. Ini dilakukan untuk mengawasi penggunaan dana desa sehingga masyarakat dapat mengetahui, untuk apa saja dana desa yang banyak itu dipergunakan,” ungkap AZP.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Plt. Bupati AZP berpesan kepada Kepala Desa yang dilantik, tidak boleh mengganti perangkat desa sembarangan kecuali melalui proses mekanisme terkait penggatian perangkat desa sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 67 Tahun 2017 yang berbunyi Kepala Desa dapat kiranya merangkul seluruh perangkat desa masing – masing sehingga misi pembangunan di desa tersebut berjalan dengan baik, tutur Plt Bupati.

Ditempat terpisah, Ketua DPD Asosiasi Pemerintah Desa (APDES) Bercahaya Padang Lawas, juga menyampaikan harapan kepada Kepala Desa terpilih untuk menjadi sosok yang dewasa dan profesional dengan memberikan pelayanan terbaik kepada warga tanpa pandang bulu.

“Pesan saya kepada saudara – saudara Kepala Desa yang baru dilantik .ayo rangkul semua pihak, jadikan sosok yang lebih bijak dan dewasa serta profesional, berikan pelayanan sebaik – baiknya kepada warga tanpa pandang bulu. Tidak ada lagi pendukung atau tidak pendukung. Semua warga sudah menjadi tanggung jawab saudara,” ungkapnya.

Sebagai sosok pamong dan orang yang di tuakan di desa. Mengingat bahwa sosok Kepala Desa harus bisa menjadi panutan bagi masyarakatnya. Kades harus dapat bersikap jujur, adil dan bijaksana sebagaimana sumpah/ janji yang baru saja di ucapkan.

Sejumlah pejabat penting Forum Komunikasi Pemerintah Daerah (FKPD) Padang Lawas terlihat hadir, jajaran Asisten, Pimpinan SKPD Pemerintah Kabupaten Padang Lawas, kalangan PNS, Kapolres Padang Lawas, AKBP. Indra Yanitra Irawan, SIK. M.Si, Ketua DPRD, Amran Pikal Siregar, S.Sos, Pabung Kodim 0212 TS, Kapten. Arh. Ssleh Hasibuan, Kepala Pengadilan Negeri Sibuhuan, Lulik Djatikumoro, SH. MH dan masyarakat serta keluarga para Kepala Desa yang dilantik.

Penulis : YW. Manalu

Mungkin Anda Menyukai